ABATACA

Bimbingan Minat Baca Anak

Fase Tumbuh-Kembang Anak

Berikut ini sedikit pemaparan tentang fase tumbuh-kembang pada anak-anak kita. Semoga dengan mengetahui fase-fase pertumbuhan yang ada, membuat kita lebih baik dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh anak-anak kita.

Anak dibawah lima tahun atau Balita adalah bayi berada pada rentang usia nol sampai lima tahun. Pada usia ini otak anak mengalami pertumbuhan yang sangat pesat yang dikenal dengan istilah Masa Emas (The Golden Age). Masa the golden age pada fase nol sampai dua tahun, harus mendapatkan stimulasi secara menyeruh baik kesehatan, gizi, pengasuhan dan pendidikan. Istilah ini sudah sering di dengar dan dipahami oleh semua orang tua, karenanya pasti semua orang tua balita menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas, tapi tidak sedikit yang tidak memanfaatkan peluang ini karena merasa pertumbuhan anak adalah proses alami yang akan terjadi sendirinya tanpa atau dengan intervensi orang tuanya atau siapapun.

Masa emas atau the golden age, adalah suatu masa penting dalam fase pertumbuhan manusia terutama bagi fase tumbuh kembang anak. Fase ini otak manusia berkembang pesat dan kritis, dan terjadi hanya satu kali. Pada fase ini seorang anak manusia diberikan keistimewaan oleh Tuhan untuk memiliki kemapuan menyerap informasi sebanyak 100%. Semua informai yang diterima pada masa ini akan berdampak pada perkembangan IQ sampai mencapai 50%. Jadi masa balita adalah masa keemasan saat penanaman prinsip-prinsip kehidupan dan penghidupan yang baik. Masa semai dan masa tanam kepribadian dan karakter seorang manuia di fase ini. Semua nilai-nilai agama, sosial dan kepribadian akan sangat mudah dibentuk pada masa ini.

Dalam kondisi ini, orang tua sangat mempunyai peranan dominan, karena apa yang dilihat, diraba dan didengar balita, akan diserap secara total. Padahal pada fase ini hampir dipastikan seorang manusia berada pada lingkungan disekitar yang tentu siapapun tahu dan menyadari kondisi ini menjadi tanggung jawab orang tua. Coba kita resapi, masa lima tahun kehidupan seorang anak adalah milik orang tuanya, yang teruatama adalah ibunya, wajar adanya apabila ada istilah ibu adalah pendidikan pertama dan utama.

Berikutnya lima tahun kedua anak sudah mulai bersosialisasi dengan lingkungan di luar lingkungan keluarga dan teman sebaya atau teman bermain. Pada fase ini orang tua harus ikut memberikan bimbingan dan pendidikan terutama dalam mempersiapkan anak memasuki dunia sekolah. Lima tahun ketiga adalah milik temannya, karena itu feel group lebih dominan mengusai anak manusia. Pada masa ini lebih mempercayai temannya dibanding siapapun termasuk orang tuanya. Sedangkan lima tahun keempat milik dunianya.

Sumber Artikel: BKKBN
Pict: sumber

1 Comment»

  Muhammad Adam Hussein [Penulis Buku] wrote @

asiknya, pertumbuhan anak itu dapat kita jadikan arahkan biar tak ada penyimpangan/kenakalan pada usia kanak-kanak tentunya ^.^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: